Selamat Datang

SELAMAT DATANG DI BLOGNYA EKO SUPRIYADI. . MARI SILAHKAN . . .

Sabtu, 31 Maret 2012

Hulahop Ria

Hulahop? ya, aku tau itu sebuah permainan berbentuk melingkar yang biasanya terbuat dari rotan, ada juga yang terbuat dari bahan plastik. Cara memainkannya dengan memutar pinggang sedemikian rupa sehingga lingkaran rotan itu berputar-putar di lingkar perut kita. Kebetulan dirumah punya satu hulahop rotan ukuran sedang. Sudah lama sih, tapi baru malam ini tiba-tiba aku tertarik pengen bermain hulahop (padahal gak bisa). Adek ku yang kecil, si Handhi pinter banget tuh mainan hulahop! Gak tau dia belajar dari mana, dengan santainya dan berbagai gaya dia memutar-mutar lingkaran rotan itu di perutnya. Lihat nih videonya, tapi maaf sebelumnya itu waktu take video salah posisi kamera jadi kebalik gitu deh posisinya. Check it out!




Keliatannya gampang, tapi kalo udah nyoba mainin tuh susah banget ternyata! Aku nyoba berkali-kali belum bisa sampai "gembrobyos". Sembari nunggu aku latihan, mari kita tengok sejarah hulahop dan manfaatnya. Ternyata permainan hulahop itu sudah ada sejak jaman Mesir kuno dan Yunani kuno. Mereka sudah mulai memainkan hulahop ini sekitar 3000 tahun yang lalu. Hulahop terdiri dari kata hula yang berasal dari para pelaut yang mengunjungi Hawaii. Pemakaian kata hula dikarenakan para pelaut itu melihat bahwa terdapat kesamaan dari tarian hula-hula yang berasal dari Hawaii dengan cara bermain hulahop sendiri. Nama hulahop mulai populer pada tahun 1950 an ketika Alex Tolmer menjual lingkaran plastik di pusat-pusat perbelanjaan.

Nah, permainan hulahop ini juga bisa dijadikan sarana olahraga alternatif yang tidak mebutuhkan uang banyak. Tanpa disadari atau tidak, ternyata goyangan pinggul saat bermain hulahop merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi berat badan dan melangsingkan tubuh. Taukah berapa kalori yang terbakar selama satu jam? 600 kal. Olahraga yang dilakukan bisa membakar 100 kalori selama 10 menit dengan melakukan gerakan memutar yang setara dengan berjalan pada kecepatan sedang. Selain itu gerakan penekanan pada otot-otot perut dapat mengurangi timbulnya rasa nyeri pada punggung dan cidera. Tuh, bagi yang pengen langsing dan six pack, silahkan bermain hulahop sehari semalam. Mumet weteng e! Haha.

Setelah berjuang dengan keras melalui banyak kegagalan dan halangan merintang, akhirnya saya bisa memutar-mutar lingkaran rotan itu di perut saya. Yah, walaupun cuma bisa sebentar dan dengan gaya yang terlihat wagu, tapi sudah ada perkembangan lah. Hehehe. Maaf lagi ini juga salah posisi kamera waktu take jadi miring lagi ya posisinya. Inilah aksiku!





Yah, week end yang menyenangkan bisa main dan ketawa2 bareng adek-adek ku di rumah. Oiya, sumber ada di sini dan ini. Hayo siapa lagi yang tertarik bermain hulahop? Mari ber hulahop ria! Yahoooo. . .


2 komentar:

  1. Makasih infonya bos... Tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip!! makasih sudah berkunjung.. semangat juga main hulahop nya yaa.. :D

      Hapus